A Book is a Gift Juga Bergegas Kejar Berkah Ramadhan dari GagasMedia

by - Friday, July 03, 2015


Intro: Blogger(s) in the  Publishing Scene
Menjadi anggota BBI membuat saya jadi bisa lebih tahu sejauhmana keterlibatan seorang blogger buku di dunia penerbitan, which is interesting - misal dengan adanya blogtour, "buntelan review", atau kegiatan lain yang rata-rata ditujukan untuk promosi produk penerbitan (ini sejauh yang saya tahu ya, if you know more please tell me!^^). Saya jadi tahu banyak blogger keren yang sudah semacam "dipercaya" oleh penerbit untuk bisa mengomunikasikan kepentingan penerbit untuk melakukan promosi atau pemasaran buku hasil terbitannya. Blogger buku lain juga ada yang sampai berkecimpung atau terlibat ke proses di balik lembar buku dengan menjadi editor, misalnya, dan hal itu juga sangat menarik... karena saya juga ingin bisa punya kesempatan untuk hal yang serupa dan saya ingin tahu lebih banyak soal being in the publishing scene. Bagi saya masih jauh banget untuk sampai ke sana, sih, lha ngurus blog buku sendiri aja angin-anginan banget, hehe. Semoga saya masih setidaknya punya waktu dan kesempatan untuk belajar. Iya, ternyata ikut BBI sebenarnya banyak berkahnya selain buku gratis xD.

Event Kado Untuk Blogger dari penerbit GagasMedia juga termasuk sebagai hal yang saya baru ketahui ketika saya gabung di BBI dan melihat beragamnya konten-konten dan kemungkinan yang ada untuk meramaikan dunia blog buku. Bagi saya juga wawww keren dan mau banget, dan saya bersyukur bisa mencoba ikutan Kado Untuk Blogger di ultah GagasMedia yang ke12 ini karena nggak ketinggalan tahunya, berkat mencoba membiasakan mengecek aggregator BBI dan menemukan posting kakak-kakak blogger lain yang sudah posting xDb. Kebetulan yang bagus juga ya di tahun ke 12 ini event Kado Untuk Blogger yang diberi tajuk "Terus Bergegas" bertepatan di bulan Ramadhan, saya jadi merasa senang bisa pertamakali ikutan di momen ini (?). I like noting coincidence xD.

Sebelum menjawab pertanyaannya, saya mau mengucapkan selamat dan sukses selalu untuk GagasMedia. Saya juga ingin memberi apresiasi karena berhasil mengemas tema-tema atau "tajuk" yang menarik setiap tahunnya, sesuai dengan "usia" di tahun tersebut. Mungkin supaya lebih unyu, pembuatan tajuk atau temanya bisa dikompetisikan, karena toh perjalanan GagasMedia nggak lepas juga dari pembaca atau pengikut setia even-evennya untuk bisa merangkum harapan ke depan setelah hari jadi GagasMedia.

The Maincourse - Question's Answering
Oke, dan here is the real deal, dan entah kenapa saya ngerasa agak grogi jawabnya soalnya serasa soal UAS... saya harus mengais-ngais kenangan dan ingatan... ya tapi demi buku gratis kalau memang rejeki bolehlah dicoba. 

12 Pertanyaan #TerusBergegas GagasMedia

1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!
  • The Five People You Meet in Heaven - Mitch Albom
Ketika kehidupan yang nampaknya insignificant sebenarnya tetap punya makna meskipun bagi kehidupan orang lain yang disentuhnya. Bikin terharu :'''.


Dari soal hakikat-telepon, "iman", "kehilangan" dan "kenangan".


"Pesan" tentang kenyataan dan intrik kehidupan sosial nya mengena :') apalagi Strike/Robin nya uhuk.


Dinamika dan konflik yang dasarnya "karena mencintai" memancing simpati saya.


  • Harry Potter and The Sorcerer's Stone (untuk mewakili ketujuh seri Harry Potter) - J. K. Rowling
Meskipun terhitung "telat" membaca kisah luar biasa ini, lebih baik daripada tidak sama sekali kan^^.


  • The Lightning Thief (untuk mewakili kisah demigod dari Percy Jackson and The Olympians sampai Heroes of Olympus) - Rick Riordan
Untuk kisah petualangan dan pengemasan mitologi yang seru dan luar biasa.


  • Warna Langit - Kim Dong-Hwa
Seri Trilogi Warna yang mengilustrasikan perkembangan kedewasaan dengan cantik. Terima kasih sudah mengado triloginya hasil arisan bukunya, BBI Joglosemar.


  • Forever Princess - Meg Cabot
Kebanggan tersendiri sudah mengikuti cerita The Princess Diaries dari awal, dan ikut senang untuk Mia Thermopolis atas kebahagiannya dengan Michael Moscovitz.


  • Murder On The Orient Express - Agatha Christie
  • The Big Four - Agatha Christie
  • Nemesis - Agatha Christie
  • A Pocket Full of Rye - Agatha Christie
Keempat judul terakhir yang disebutkan merupakan Karya Ratu Misteri yang bagi saya harus dibaca siapapun yang mau kenalan dengan dunia misteri xD.



2. Buku apa yang pernah membuatnu menangis, kenapa?
Buku yang saya ingat saat mengetik jawaban ini adalah A Dandelion Wish karangan Xi Zhi. Sebabnya, saya merasa cukup bisa me-relate kesulitan yang dialami si tokoh utama berkaitan dengan hubungannya dengan pasagannya... padahal saya nggak ada latar-belakang pengalaman yang berkaitan. Kalau mau tahu lebih lanjut, silakan ke sini. Selain itu saya juga bisa dibilang terharu sekali setelah menyelesaikan The Five People You Meet in Heaven karangan Mitch Albom... karena mungkin diam-diam saya juga punya sejumlah "kegundahan" tersendiri soal memiliki kehidupan yang mungkin bagi saya serasa insignificant, meskipun tentunya nggak untuk dipelihara karena kehidupan adalah untuk disyukuri :'''



3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?
Sebenarnya kalau quote favorit sih banyak ya, tapi kalau menginspirasi, kayaknya saya akan menjawab dengan dua quote saja.
Quote pertama dari karakter Niccolo Machiavelli yang sebenarnya sudah saya bahas cukup habis-habisan di sebelah sini, tapi boleh deh saya cantumkan lagi.
"Makhluk aneh dan monster bengis sudah sejak lama tidak lagi membuatku takut. Bahkan hanyalah manusia — dan kerabat dekat mereka, para Tetua dan Generasi Selanjutnya — yang selalu membuatku ngeri. Makhluk malang di sana hanya bertindak berdasarkan kebutuhan untuk bertahan hidup dan makan. Itu hakikat hidup mereka, membuat mereka mudah ditebak. Sebaliknya, manusia memiliki kemampuan untuk mengubah hakikat hidupnya. Manusia adalah satu-satunya binatang yang dapat menghancurkan dunia. Binatang buas hidup hanya untuk saat ini, sementara manusia memiliki kapasitas untuk hidup demi masa depan, untuk menyusun rencana bagi anak-cucu mereka, rencana yang membutuhkan waktu bertahun-tahun, berdekade-dekade, bahkan abad untuk menjadi matang."

(Niccolo Machiavelli, dalam The Warlock dari seri The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel oleh Michael Scott, halaman 240)
Quote kedua saya ambil dari buku First Time in Beijing karangan Riawani Elyta. Kata-katanya sebenarnya nggak macam-macam, tapi mengena dalam keterpaduannya di kepenulisan kak Riawani yang hangat dan nyaman (??). 

Aku percaya, impian adalah wujud prasangka manusia terhadap Tuhan. Suatu hari nanti, Tuhan pasti akan mendekatkan kita pada impian itu, sepanjang kita pun berusaha keras untuk meraihnya.


4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya. Hehehe.
HAYO INI SULIT BANGET.... kan pacaran itu nggak boleh kakak #plak. Ehem. Duh, apalagi alasan kenapa hamba sahaya ini cocok... serasa makin jadi impian aja. Jujur, saya sebenarnya jadi bingung mikir-mikir lagi kira-kira siapa haha, terus saya jadi kepikiran dua. Emang dasar nggak tahu diri dasarnya kali ya, atau malah karena hopeless banget (??). Pertama, William Herondale di seri The Infernal Devices. Soalnya ganteng (...), dan kayaknya kalau buat unyu-unyuan bisa banget aja gitu, bisa merangkap bodyguard. Kali aja mas Will (!!!) bakal bersimpati pada diri ini yang butuh dibikin nyaman (AMPUN JIJAY BANGET UNTUNG WAKTU NULIS INI UDAH BUKA DAN TARAWIH). Kedua, Jao Lee dari Marry Now Sorry Later. Soalnya ganteng (klise banget), kaya (disebutin banget), dan pinter serta tahu apa yang dia mau. Bonus lagi, nggak setengah-setengah nyenengin cewek yang memang menurut dia seswatu. LOOOL.... udah deh saya gak bisa pasang imej polos lagi setelah nyebutin Jao Lee di sini. =)) Astaghfirullah, jadi malu sama diri sendiri udah ngomong kayak gini =)) yah tapi toh hanya pengandaian, dan pengandaiannya juga untuk pacaran doang mah.

 5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!
ENDING FOREVER PRINCESS WHEN MIA WILL BE HAPPILY EVER AFTER WITH MICHAEL  aja deh. Mungkin saking senengnya ngelihat Michael sama Mia, sampai saya nggak kepikiran nama Michael buat menjawab pertanyaan sesat nomer sebelumnya. Karena setelah diingat-ingat MICHAEL ITU UNYU BANGET SAYANGNYA SAMA MIA. Dinamika yang menarik banget di antara Michael dan Mia ketika selama kita pembaca mengikuti sudut pandang Mia tuh rasanya kayak Michael yang "sempurna" dan Mia tuh kayak minder karena yang bisa dibanggakan dari dirinya adalah fakta kalau dia putri kerajaan... tapi pada akhirnya selalu aja Michael nunjukin kalau bagi dia Mia itu "lebih", dan ternyata bisa dibilang Michael pun berusaha membuktikan dirinya kalau dia pantas bersanding dengan Mia :''''. Sampai sekarang juga saya masih terkesan dengan bentuk perhatian-perhatian kecil tapi mengena yang dilakukan Michael untuk Mia, misal mau repot-repot baca tugas akhir Mia yang bentuknya novel dan ngasih flashdisk Putri Leia (karakter favorit Mia) untuk ngebackup novel tersebut. Oke maafkan saya yang malah ngespazz dan nggak nyeritain ending dengan beradab.


6. Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?
Sebenarnya saya nggak ingat persis, tapi rasanya buku GagasMedia pertama yang saya baca adalah antara KambingJantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh atau Travelers' Tale: Belok Kanan Barcelona! atau From Batavia with Love. Alasan memilih baca buku KambingJantan juga lebih lagi lupanya, yang jelas memang sepertinya itu buku pertama yang saya baca sih, kalau menurut tahun terbitnya #... kalau alasan baca Traveler's Tale, soalnya karena kayaknya waktu itu tema perjalanan buku itu menarik bagi saya. Sedangkan alasan milih From Batavia with Love selain karen cover buy, tapi juga karena sinopsisnya juga menarik karena bikin penasaran soal cita rasa keBelanda-Belandaannya.

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa? 
Saya cuma bisa jawab berdasarkan ingatan jangka pendek kali ya soalnya malas bongkar-bongkar lemari malam-malam. Judul yang akan saya pilih sebagai jawaban adalah "Marry Now, Sorry Later" - selain karena buku tersebut baru-baru ini saya baca, saya rasa juga memang judulnya teasing dan catchy, serta sudah menyiratkan "atmosfer" bukunya^^;.


8. Sekarang, lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?
Berdasarkan pikiran spontan aja yaa, yang saya ingat adalah cover From Batavia with Love. Covernya seperti lukisan cat air dan warna-warnanya juga cantik... paperback yang saya punyai sudah cukup lusuh, jadi saya comot saja dari Google.



 9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?
Bagi saya, cerita yang bisa memuat mystery, family, atau travel (tidak menutup kemungkinan paduan ketiganya juga tentunya) secara menarik bakal sangat appealing. Misteri yang saya maksud adalah misteri dalam artian "pemecahan kasus" lho ya, bukan horor... soalnya biasanya di dalam cerita misteri bisa dapat sensasi "berpetualang", berspekulasi hingga bersimpati jika dinamika kasusnya diramu secara piawai #halah, apalagi kalau misal dalam misteri yang dipecahkan juga melibatkan hubungan keluarga :'''. Kalau soal tema keluarga, lebih ke value pribadi saya aja sih yang menjunjung tinggi keluarga, mungkin secara lebih tinggi daripada friendship atau romance #... eit soalnya kan keluarga bisa jadi sahabat (oke, dan sebaliknya), dan dari romance yang berhasil pasti ujungnya juga jadi keluarga... hahaha. Nah kalau soal travel, well, saya suka membaca soal tempat-tempat yang jauh, gimana hidup di sana, gimana suasana di sana, notabene belum ada kemampuan untuk banyak travelling meskipun sudah banyak berkesempatan mengunjungi tempat jauh yang berkesan di hati.

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?
Untuk nyebutin secara realistis, siapapun penulis dalam negeri yang sudah menerbitkan buku yang pernah saya baca pasti bakalan ingin saya temui untuk bisa diajarin nulis, haha. Nah, tapi ada sejumlah nama penulis lokal yang bisa saya sebutkan untuk pertanyaan ini: kak Windy Ariestanty, kak Windry Ramadhina, kak Prisca Primasari, kak Riawani Elyta, dan kak Christian Simamora. Ayuk kapan ke Semarang, kaka. Cowoknya cuma satu ternyata hehehe. Kalau bisa bertemu mereka semua saya pengin bisa belajar soal nulis dan nerbitin buku, serta mungkin juga suka duka jadi penulis (??). Untuk kak Windy Ariestanty, saya ada spesifikasi topik soal seluk-beluk jadi editor, serta pengalaman-pengalamannya yang diceritakan di buku Life Traveler nya. Untuk kak Christian Simamora, spesifikasi topik yang ingin bisa saya tanyakan adalah gimana caranya bikin karakter cowok seperti #JBoyfriend. LOOL.
Untuk nyebutin secara berangan-angan, saya mau banget ketemu sama Rick Riordan supaya beliau bisa nandatanganin semua buku beliau yang ada di rumah... dan untuk bilang ke beliau agar bikin cerita dari mitologi Hindu atau pewayangan. Selain Rick Riordan saya juga mau banget ketemu J. K Rowling dan Mitch Albom, pengen bisa booksigning atau cukup ngelihat beliau-beliau bicara di seminar gitu. Sadar diri aja kalau mau ngobrol kayaknya ngeblank mau ngomong apa... haha.


11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?
Sebenarnya nggak bisa milih salah satu aja soalnya punya keunggulan masing-masing. Pengalaman baca e-book, nandain quote lebih gampang karena bisa pake fitur highlight (kalau di Moonreader), tapi saya memang lebih banyak baca buku cetak sih sekarang kalau memang nggak niat banget baca suatu buku yang memang saya hanya bisa baca dalam format ebook akibat kalau beli mahal. Baca buku cetak juga lebih kerasa feel bookishnya aja sih... dan ada suatu kebanggan untuk bisa punya buku cetak, karena nanti bisa dipajang di rak, difotoin lucu di instagram juga, dan gak kena radiasi. Hehe.


12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!
Maaf kalau memang maksa. 
Gejolak. Apresiasi. Generasi. Aktif. Semangat. Muda. Energi. Dinamis. Ide. Atraktif.
Gagas. Media. 

Selamat untuk terus bergegas!

You May Also Like

2 comments

  1. Buku-buku #Jseries selalu memikat, tapi aku belum boleh baca :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe buku dewasa sih ya, tapi saya juga baru bacanya yang Marry Now Sorry Later kok xD. Makasih sudah berkunjung ya syifaa^^

      Delete