Sunday, June 22, 2014

Blog Tour: Park, Dong Sun. SIMPLE THINKING ABOUT BLOOD TYPE #1.

"Jadi ceritanya, saat semua sedang berkumpul untuk makan tiba-tiba si junior yang bergolongan darah AB berdiri dan pergi begitu saja, kemudian si golongan darah O karena penasaran pergi mengikutinya. Si golongan darah A yang melihat hal tersebut berpikir kalau itu semua karena dirinya. Saya akhirnya bertanya pendapat si golongan darah B tetapi si golongan darah B tidak tertarik sama sekali."

Penerbit: Haru
Tahun terbit: 2013
Edisi: Paperback, cetakan keempat, April 2014
"Genre": Graphic Novel/Comics, Interesting Premises, Humorous, Personality
Get the book! 

Dari pengamatan dan kisah-kisah sehari-hari seperti kutipan di awal, Park Dong Sun mendapatkan ide untuk membuat webtoon yang pertama kali digambarnya pada 20 Desember 2004, sampai akhirnya menjadi terkenal secara luas sekarang ini. Hasil kreasi Mr. Park untuk membuat komik tentang tingkah-tingkah orang berdasarkan golongan darahnya ini eksis lebih dulu dalam bentuk webtoon, atau komik yang ditayangkan di web di mana para pembacanya bisa memberikan komentar. Dari komentar-komentar para pembaca itulah Mr. Park berpendapat komiknya bisa mengalami proses penyempurnaan.

Penyempurnaan seperti apa? Meskipun tentunya tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini, kalau dalam konteks (#ea) komik ini, menurut saya hal "penyempurnaan" yang telah dilakukan lebih bisa terlihat dari "kekayaan" bahasan dan ragam variasi kisah-kisah bersama para figur golongan darah itu. Pembahasan just-for-fun (untuk senang-senang saja) tentang sifat-sifat unik tiap golongan darah bisa dilihat dari penggambaran secara global, sampai pada situasi spesifik seperti ketika janjian, makan di restoran (seperti di kutipan awal), belajar, tersesat di pulau tak berpenghuni, dan seterusnya hingga dalam hubungan sosial - di mana yang terakhir ini bisa bervariasi juga antara lain melihat kelebihan tiap golongan darah menurut golongan darah lain dan "bentuk ekspresi cinta" tiap golongan darah ^^. Penasaran? Xixixi, biasanya yang muda-muda gini radarnya sensitif nih kalau soal hubungan lawan jenis, siapa tahu bisa dicocok-cocokkan juga nih golongan darah masing-masing dengan gebetan? Bisa, bisa, daripada dibuat galau dibuat fun aja lah dengan komik ini ;)).

This image are taken via Google. Credit to respective owner.


Masih banyak lagi sebenarnya setting-setting atau latar-latar kejadian sehari-hari yang sudah dipakai untuk menunjukkan berbagai ekspresi unik dan kocak tiap karakter golongan darah, A yang hati-hati dan patuh aturan, B yang sesuka hati, O yang semangat tinggi, dan AB yang unik tapi bisa berkesan dingin-tak berhati (kalau menurut kesimpulan kasar saya, ya, kalau saya ceritain lengkap-lengkap ya gak seru nanti baca komiknya ;p) yang digambarkan sebagai figur-figur non-manusia (?) dengan topeng golongan darah ini seperti saling melengkapi untuk membuat komik yang lucu karena karakter berlainan yang muncul di situasi yang sama memang memiliki daya tarik tersendiri dan kesan "perbedaan"nya bisa mengundang tawa banget. Meskipun sang pengarang juga mengakui kalau memunculkan kesemua karakter golongan darah dalam kejadian sehari-hari di komiknya ternyata bukan hal yang mudah dalam membuat bahan cerita, tapi bisa dibilang upaya beliau berkreasi menghasilkan kisah ringan yang semuanya menghibur, kok ^^.

Para Blood Type character di pantai^^ This image are taken via Google. Credit to respective owner.

Keseruan lain dalam membaca komik ini juga terletak dari "fitur bahasan" tentang cocok-cocokan kepribadian dengan yang diceritakan di tiap ceritanya xD. Buku ini bisa deh buat bahan perbandingan atau "bantuan menghibur" untuk memahami diri sendiri serta hubungan diri sendiri dengan orang lain. Bisa saja memang ada karakteristik sifat atau perilaku yang mirip seperti yang ditunjukkan, dan kalau beruntung benar pasti juga otomatis itu jadi sesuatu yang lebih lucu lagi xDD.

Saran saya juga gak jauh lagi dari penekanan yang juga datang dari sang pengarang sendiri bahwa komik ini bukan komik ilmiah, jadi kalau dari saya, baca saja komik ini dengan mood yang santai dan bersenang-senang sajalah dan siap-siap untuk terhibur. Komik yang disajikan sebenarnya lebih seperti komik-komik pendek (mungkin komik strip? Tapi panelnya tidak harus selalu minimal, sih) dan antara satu situasi tidak harus selalu berhubungan dalam alur seperti komik cerita yang biasa kita baca (katakanlah Naruto, dkk) meskipun sudah digolong-golongkan ke topik bahasannya agar lebih rapi.

Ah, ya, selain membahas tentang para karakter golongan darah, juga ada bagian diari "si cowok gila" (=pengarang nya? xD) yang sebenernya gak berhubungan dengan pembahasan sifat-karakter golongan darah tapi ke keseharian si pengarang. Bagian diari ini bentuknya "entri" harian yang dibuat singkat-singkat seperti ilustrasi saja. Saya agak bertanya-tanya juga kenapa ada bagian seperti ini, meskipun memang ada yang lucu juga, sih. xD. Perpindahan dari komik karakter golongan darah ke "diari" ini juga tidak mendapat penjelasan yang mencukupi jadi mungkin saja ada pembaca yang tidak langsung paham bahwa si cowok gila yang dimaksud itu sebenarnya si pengarang komiknya, hehe. Bukan apa-apa sih "pertanyaan" tadi dibandingkan muatan keseluruhan komik ini yang lucu dan justru menggemaskan dalam gaya menggambar figur kartun golongan darahnya yang sederhana tapi imut xDD.

USB BloodType! xD This image are taken via Google. Credit to respective owner.

Dengan tulus saya berharap agar pengarang bisa terus berkarya untuk menghibur lebih banyak pembaca ya dengan kisah-kisah kocak karakter golongan darah selanjutnya xD. Semoga respon positif di Indonesia yang juga sampai pada sang pengarang sehingga sempat ada kesempatan untuk Meet & Greet di Gramedia Pondok Indah Mall Jakarta Desember 2013 lalu bisa memberikan dampak positif juga, ya, misalnya agar Meet & Greet bisa dilakukan di kota lain selain Jakarta, agar pengarang komik ini juga bisa tahu lebih tentang Indonesia^^.

Note: Tidbits tentang pembuatan komik STABT yang dinyatakan dalam tulisan ini bersumber dari jawaban langsung pengarang komik ini, yaitu Park Dong Sun, dalam korespondensi dengan Penerbit Haru sendiri. Silakan cek postingan host lain yang beberapa sudah menyertakan tanya-jawab utuhnya di posting Blog Tour nya ya^^/. Selain itu, sebagai host Blog Tour komik bersangkutan dengan didukung oleh penerbit pemegang lisensi bahasa Indonesia nya (?), saya bisa menjamin keakuratan informasi trivial tentang komik ini yang dimuat di tulisan ini. Meskipun tentu saja, isi tulisan yang sifatnya opini semata-mata karena pada dasarnya saya membuat review dari komik yang bersangkutan, ya, dan sumbernya tentu saja dari pikiran saya sendiri =w=. Mengenai gambar yang digunakan dalam tulisan ini, silakan perhatikan captionnya ya untuk disclaimer.

Blog Tour Banner courtesy of Penerbit Haru

Ini pertama kalinya blog A Book is a Gift jadi tuan rumah (host) jalan-jalan weblog (iya, kamu, blog tour maksudnya), terima kasih pada Penerbit Haru yang sudah memberikan kepercayaannya. Tidak usah panik kalau saya bakal jalan-jalan ke mana-mana terus pindah-pindah blog begitu, itu bukan definisi operasionalnya (#WOY) blog tour sob, pasti itu black campaign (#....). Oke skip.

Yuhu, tadi adalah review saya untuk buku Simple Thinking About Blood Type yang disajikan dalam rangka Blog Tour SImple Thinking About Blood Type dengan didukung Penerbit Haru sebagai upaya lain untuk memperkenalkan seri webtoon ini pada pembaca Indonesia yang belum dan ingin tahu. Soalnya apa? Soalnya buku kedua (Simple Thinking About Blood Type #2) sudah mau terbit, lho, di bulan Juli 2014 nanti! Masa masih dibiarin ada yang nggak tahu bukunya dari pertama.... :'). Penerbit Haru memang baik banget. Padahal Simple Thinking About Blood Type (#1) sudah cetak ulang empat kali di April lalu saja masih mau dikenalkan lagi lewat blog tour, makanya saya kebagian dapat bukunya gratis.

Nah lho, mau juga dapat buku Simple Thinking About Blood Type (#1) gratis?

Fear not, readers, Anda gak buang-buang waktu ngikutin blog tour ini kalau gitu, soalnya tunggu saja seminggu lagi pada tanggal 29 Juni 2014, A Book is a Gift akan mengadakan giveaway 2 (dua) eksemplar buku Simple Thinking ABout Blood Type (#1) ^^

Oh, sudah baca buku pertamanya tapi pengin punya buku keduanya? Hoo, tenang, mengikuti urutan acara (?) blog tour ini juga gak rugi bandar karena Anda bakalan dikasih tahu caranya bisa duluan punya buku seri keduanya lengkap dengan tanda tangan penulisnya, yaitu dengan cara Pre Order di Owl Bookstore! ...tapi buruan ya soalnya jumlahnya terbatas, lho.

Ini nih bukti kalau buku #2 STABT bukan hoax, ya! Courtesy of Penerbit Haru.

Oke deh, semuanya siap ya kalau begitu. Jangan sampai ketinggalan pre-order dan giveaway nya! Sampai ketemu^^

58 comments:

  1. mungkin diari pria malang itu dibikin karena pengarangnya mau eksis :p itu USB nya unyu sekalii >< padahal saya goldar A, tp saya bakal pilih yg O krn saya suka warna Hijau XD jd klo orang nanya "km goldar O?" , "tdnya begitu sebelum di cek" , "skrg apa?" , "A" , "trus knp USB nya O?" , "krn ijo :3" wkwkwkw XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya? Bisa, bisa xD saya juga suka banget sama USBnya, kira-kira bisa dibeli di Indo gak ya? Terima kasih sudah mampir!

      Delete
    2. gatau ya, tp menurut saya sih ada . mungkin aja kan ada yg import asli ada yg bikin copy-an nya :p sama2 juga saya lagi menelusuri blog aja kok haha :D

      Delete
    3. oya sebenernya reviewnya bagus, tapi kata2nya belibet XD saya jadi baca 2 kali, tapi it's ok~ kayaknya emang konsep penulisan blog nya nyantai ala anak remaja gt ya? saya jg anak remaja kok #gananya jd gapapa klo postingannya dibawa slow gni, kurangin aja belibetnya dikit ehehe XD

      Delete
  2. sudah jam 20.19 dan giveawaynya belum muncul...
    aku sdah nungguin giveawaynya dari pagi loh kakak :3

    ReplyDelete
  3. ini sudah tanggal 30 kok belom muncul giveaway nih ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf atas keterlambatannya, GAnya bisa diikuti di http://krprimawestri.blogspot.com/2014/06/blog-tour-giveaway-simple-thinking.html ya.

      Cheers.

      Delete
  4. Reviewnya menarik sekali, aku bisa membayangkan buku Simple Thinking about Blood Type ini lucu sekali =) Gambar gol darah yang di pantai benar bgt, aku gol darah O...waktu kecil memang suka banget main pasir pakai ember di pantai (memang aku tidak suka aturan)...Mamahku yang gol darah B juga sifatnya easygoing...kok benar ya prediksinya =) pasti ketawa terus kalau baca buku ini, apalagi banyak gambar lucunya =)

    ReplyDelete
  5. Buku ini merupakan buku pertama jenis novel sekaligus komik :D banyak orang yang tertarik dengan novel ini apalagi golongan darah . Lucu aja pas liat capturan isi novelnya . Tipe mereka berbeda - beda jadi ngehibur banget . Bagus deh Review kakak :D

    ReplyDelete
  6. Kalo dilihat dari reviewnya menurutku komik ini Menarik banget ya, Apalagi liat gambarnya pasti gk bikin pembaca bosan. Dan pasti kalo baca nyengir" sendiri mungkin juga kayak bercermin gitu yah trus bilang "ih ini gue banget " Haha :D

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Wah reviewnya menarik banget,meskipun belom punya bukunya,berasa cepet-cepet pengen baca nih hehehe liat review gambar-gambarnya juga lucu-lucu :D btw bukunya dalam bahasa indo kan? :O *ketauan gak bisa bahasa lain selain indo sama english* hahaha ini buku semacam komik dan novel kan? masuk kategori graphic novel nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy reading!^^ Iya bukunya bahasa Indonesia kok, hehe. Saya rasa mungkin juga bisa masuk kategori novel grafis, meski kumpulan cerita sih... wah kurang tahu juga^^a
      Terima kasih sudah berkunjung :))

      Delete
  9. Semakin ingin baca huohohohohohoho~

    Saya udah pernah sih ngintip sedikit kontennya di TokBuk, dan benar menarik. Kontennya berwarna dan ceritanya beda-beda, tapi belum lihat part cerita GolDar dan uhukceritauhukcintanyauhukk :p Bahkan ada versi animenya juga (meski saya nggak tau mana yang duluan rilis, buku ini atau anime nya) ya.

    Lalu ilustrasi 4 GolDar yang ada di padang bunga itu bikin ngakak! LOL~
    Si AB masih aja bawa-bawa pesawat UFO nya. Emang beneran 4D!!
    Saya ijin donlot! :)

    ReplyDelete
  10. pas baca ini, "biasanya yang muda-muda gini radarnya sensitif nih kalau soal hubungan lawan jenis, siapa tahu bisa dicocok-cocokkan juga nih golongan darah masing-masing dengan gebetan?" fix pengin nyoba hahhahahaa... serius kepo banget sama ini komik. Itu fdnya ciamik ciyus... boleh bagi satu buat goldar O? saya akan menerima dengan suka cita. xixixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mau banget USBnyaa :""" hehe
      Terima kasih sudah berkunjung yaa^^

      Delete
  11. Menurutku sih ini review yang paling keren. Jujur ini yang paling bagus dari yang lain. Menurutku lho yaa.. Berani mengungkapkan ketidaksukaannya (kelemahan) secara jelas. Pemilihan gambarnya juga bagus. Penggambaran tokohnya juga bagus. Teratur. Berhubung ini BlogTour dan semuanya pada review, Review ini yang paling bagus. Dan seandainya independent mungkin harus ditambahkan hal-hal seperti konten (garis besarnya), hal-hal yang menarik (lebih banyak). Bahasa juga enak kok, menurutku. Aku sih bacanya enak, mengalir, padat, jelas.
    Oia, aku kagum sama tulisan ini " berbagai ekspresi unik dan kocak tiap karakter golongan darah, A yang hati-hati dan patuh aturan, B yang sesuka hati, O yang semangat tinggi, dan AB yang unik tapi bisa berkesan dingin-tak berhati " Kenapa kagum? Karena gak membocorkan apa-apa yang di komik. Dan itu merupakan kesimpulan. Webtoonnya kan ada. Jadi keseruannya sudah bisa dilihat sendiri lah di webtoonnya. Tapi meski begitu ada yang ditambahkan di buku ini (gak ada di webtoon) katanya. Pastinya itu yang jadi spesialnya juga yaa..

    Oia, aku juga suka banget dari ketiga gambar itu. Pas. Bikin kita tambah penasaran setelah liyat gambar-gambar itu. Dan yang spesial gambar no 3. Aku pernah lihat gambar yang seperti itu tapi kata-katanya lebih banyak. Kalau yang ini kan simpel. Jadinya menduga-duganya jelas bukan malah bikin bingung.

    Review asik banget deh yang ini. font nya juga pas. space juga pas. Aku sih pas baca sangat nyaman. gak ada yang terganggu sama sekali. Good Job lah :))

    ReplyDelete
  12. Kak, tanggung jawab yah, saya jadi kepengen banget baca. :3 *ngiler* Apalagi yang tentang diari-nya itu. Hihi. Penasaran bagaimana penulisnya menggambarkan si Cowok Gila a.k.a dirinya sendiri. XD
    Btw, gambarnya kurang nih, Kak. Kepengen yang menjelaskan satu persatu golongan darahnya gitu.. Hehe. *banyak maunya nih anak*
    Overall, Kakak ngasih berapa bintang buat buku ini? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe^^ Kasih berapa yaa 3,5 bintang deh :))
      Terima kasih sudah berkunjung yaa^^

      Delete
  13. dilihat dari reviewnya, keren.banget malah. ilustrasinya kocak, tokohnya apa lagi. bener juga sih kalo diceritain semua nanti pas baca komiknya jadi nggak seru xD tapi itu bikin yang baca tambah penasaran sih sebenernya >< ilustrasi yang dipantai itu loh yang menarik xD yang B nyantai banget coba xD yang O semangat banget bikin istana pasirnya. cocok banget sama aku dan sahabat aku yang golongan darahnya B dan O hihihi xD yaampun aku baca review-nya aja udah ketawa-tawa gini,, gimana baca bukunya nanti xD
    oiya, aku penasaran sama yang nulis review ini. golongan darahnya apa yaa ? terus sesuai apa ngga yaa ? xD

    Aduhh.. kok nyebut dirinya gila sihh Mr.Park ? >< mungkin itu jadi pelengkap yaa.. supaya pembaca ngga berhenti-henti ketawa hahah xD sukses dehh buat Mr.Park :)

    yang menang nanti beruntung pastinya :) bisa ketawa-tawa terus.sehat dong. kan bisa menyehatkan jantung xD satu lagi, mood yang tadinya buruk jadi baik dalam sekejap setelah tertawa ^^
    aduhh.. aku jadi pengin menang >< hihihi bukan kode ya kak xD

    ReplyDelete
  14. Kakaaaaak, aku penasaran sama buku Simple Thinking About Blood Type pertama setelah liat review kakak. Apalagi pas bagian just-for-fun (untuk senang-senang saja) tentang sifat-sifat unik tiap golongan darah. Aku makin penasarannya di bagian ini, Penasaran sama sifat unik masing-masing golongan darah. Membayangkan gimana kalau empat golongan darah berbeda jadi satu atau engga dalam satu komunitas cuma ada satu golongan darah saja. Duh, jadi berantem terus karna punya sifat yang sama. soalnya ga ada yg mau ngalah (?) huehehehe xD

    Lalu soal hubungan lawan jenis berdasarkan golongan darah. gimana kalau pasangan keduanya punya golongan darah yg sama atau pasangan yg punya golongan darah berbeda. Aku lebih penasaran lagi dan pasti seru.

    Berhubungan aku punya daya imajinasi yg tinggi (?) aku jadi ingin membayangkan lebih jauh lagi kalau baca bukunya, kak. Dan pasti abis baca buku ini, aku jadi suka ngamatin orang disekitar aku. Macem pengamat psikologis hahaha :p

    Kak, pilihlah aku jadi pemenang yah kak x) aku penasaran banget jadinya.
    Aku kan orangnya kepo-an ^^v

    Oke, kak? oke deeehhhh. Semangat !! ;))

    Terima Kasih kakaaaak <3

    ReplyDelete
  15. Dilihat dari perjuangan observasi komikusnya, komik ini bener-bener butuh waktu panjang untuk merampungkannya. Tapi hasilnya cukup memuaskan apalagi komik ini sangat membooming jauh sebelum blogtour ini ada.

    Dari awal webtoon ini dimuat di blog-blog para penerjemah, aku sudah ngikutin banget cerita keempat tokohnya ini hahaha... Tapi sayang, rezeki untuk membeli komiknya dalam bentuk hardcopy belum kesampaian juga. Semoga dalam waktu dekat rasa ingin yg membesar untuk punya kedua komiknya kesampaian.
    Aamiin

    ReplyDelete
  16. ini buku komik kok unik ya menurut saya. di saat komik-komik lain menonjolkan tokoh yang rupawan tanpa cacat, di buku ini malah tokohnya gundul-gundul bertopeng sesuai golongan darahnya masing-masing. adi artinya om Park Dong Sun ini percaya dengan segi cerita yang disuguhkan.
    kemudian kalo liat reviewnya, hanya 1 kata: PENASARAN. well, di Indonesia kan golongan darah gak gitu2 diperhatiin ya. saya jadi penasaran hubungan golongan darah dengan sifat. siapa tau kan bisa skalian nyari kecocokan dari darah ini :p

    ReplyDelete
  17. Wah lucu ya gambar komiknya ^^ Untuk segi pemaparan reviewnya menurutku sudah baik, dan penasaran sama buku yang satu ini, aku mau tau hubungan dari golongan darah yang satu dengan yang lain. Menurutku buku ini selain lucu gambarnya dan just for fun, buku ini juga bisa memberikan pengetahuan yang unik yang kita tidak tahu, seperti kepribadian dari golongan darah kita sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  18. Asli, USBnya lucu banget, pengin punya. Andaikan di Indo juga ada yang jual ._. Oke, itu tentang USB, hehe. Kalau soal review, ini reviewnya emang lengkap dan bikin saya semacem nggak bisa ngelewatin satu kata pun yang ditulis. Biasanya saya suka lompat-lompat gitu kalo baca review, hihi. Dan yeah, nggak bisa bilang apa-apa lagi selain memang bikin tambah pengin baca. x3

    ReplyDelete
  19. Makin dikasih review makin penasaran Kak sama komik ini >< Jadi tambah pengen baca hasil webtoon yang dijadiin komik sama Om(?) Park Dong Sun ini, hehehe :D Mudah-mudahan ikutan GA ini bisa menang, hahaha :D *ngarep banget xD

    ReplyDelete
  20. terima kasih buat reviewnya ^^ baru pertama kali baca review komik korea trus temanya unik lagi bahas ttg goldar :D

    ReplyDelete
  21. Reviewnya agak susah dicerna kaka :D *emang makanan -_-, sampe bikin aku baca dua kali *gak ada yang nanya.
    tapi keren juga ! bikin aku penasaran pengen menang GA *eh salah...maksudnya pengen baca :D
    keren nih Om Park Dong Sun bikin komik dengan menggunakan Golongan darah sebagai karakternya ! asli deh *gak kefikiran...menurut saya Komik ini pasti bikin minat pembaca jadi naik ! soalnya jarang juga ada yang kaya gini, apalagi sesudah baca reviewnya ! jada makin penasaran.
    USBnya dadah-dadah ke aku :'( pengeeeeen

    ReplyDelete
  22. Nama :
    Email : fuqingqing@rocketmail.com

    USB-nya imut. Ada yang tau OL shop yang ngejualnya di Indo? Atau ada yang mau menyumbangkan ke saya :v

    Ini komik asli lucu. Nyelekit, tapi tetap ga bisa jengkel, malah jadi ketawa dan keki sendiri.
    Berdasarkan kenyataan, tapi tidak menggurui malah melucu.
    Asli penasaran ingin membacanya.

    Reviewnya juga bagus, jadi makin pengen baca. Kemaren ada kan website korea yg suka upload sayang sekarang udah ga update :'(

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya kelupaan. Nama saya Cecilia Amanda. Maaf ya. Terima kasih, Mbak

      Delete
  23. lucu nih komiknya, jadi pengen baca deh, hehe

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Jawaban :
    Menurutq buku “Simple Thinking About Blood-Type” sgt menarik, jd pngen tau gmn sih cerita2 karakter2 dg perbedaan goldar. Ap lg didalamnya disertai gambar komik. Dah lama ga baca komik nih ^^, haha negara2 spt Korea, Jepang dll selalu px budaya yg unik2, salah satunya mreka mmg suka skali mmperhatikan goldar dan lainnya. Cukup unik dan bikin pnasaran deh, ap lg di review dijelaskan bhwa ceritanya lucu, wah kelucuanx tdk bs diragukan mngingat dilihat dr goldar msg2. Reviewnya nggak terlalu spoiler, jd ga ad bocoran, itulah hal yg bikin jd pengen baca. Wish me luck. #SuaraDarahO xD
    nama : nuriyanni rosma
    email: nuriyanni@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Huaaa, pengen baca Simple Think About Blood Type. AAArrrrgh. Lihat deh, gambarnya lucu-lucu. Pengen lihat, secocok apa sih diriku sama yang digambarin di komik ini sama Park Dong Sun tentang golongan darah, khususnya golongan O seperti punyaku :D

    email : richair89@gmail.com

    ReplyDelete
  28. tipe darah bisa jadi komik yang kocak gitu ya hahaha. Aku lupa golongan darahku sendiri apa hihihi. Unik n keren nih Park Dong Sun bikin bukunya jadi segar untuk dibaca ga monoton melulu tulisan

    email : nyipenengahdewanti@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Sebenarnya aku sudah tidak asing lagi dengan karakter lucu pada tipe-tipe darah itu hahaa karena sudah beberapa di posting di Internet. Aku juga pernah membaca mengenai karakter-karakter golongan darah tersebut, walaupun lewat internet lagi hehe.
    Maklum rada kudet, jadi baru tahu kalau ternyata tipe golongan darah ini dibukukan! *huaaa seneeng bangeet*
    Dan setelah membaca review kakak ini, setidaknya aku bisa menggambarkan garis besar apa yang ada dalam buku ini! Aku sangaat ingin membacanyaa huaaa!! Rame dan kocak banget pasti {}
    Selain mereview tentang ceritanya, kakak juga memberikan informasi tentang awal bermulanya buku ini kenapa sampai ada hehe, dan itu ngebantu banget untuk nambah wawasan tentang buku ini! :)
    Sukses reviewnya kak! :)

    ReplyDelete
  30. reviewnya bikin tertarik pengen baca,lucu and unik krn karakter dari org yg memiliki tipe gol.darah yg berbeda
    miarsiku at gmail dot com

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Reviewnya menarik, Sangat disayangkan jika tidak dibaca, buku ini buku novel pertama kali yang seperti komik ( Yang baru saya tau ) , Banyak orang-orang yang ingin membaca buku ini karena buku ini sangat unik yang menceritakan tentang Keperipadian orang melalui golongan darah, Jadi wajarlah buku ini banyak sekali hunternya :D termasuk saya.

    ReplyDelete
  33. Itu yg gambar pertama, kenapa AB di atas ya kak? Kenapa? Kenapa? Aku AB nih, penasaran seperti apa karakterku menurut Park Dong Sun, trs juga klo kata kakak AB kasar, eung~ ga juga sih tp kalau dingin, wih iya banget... :D

    ReplyDelete
  34. Review-nya KEREN !! ^-^))/

    Walaupun review panjang, tapi tetap aja buat saya PENASARAN dengan novel komik Simple Thinking About Blood-Type #1 ini..

    Lambungan khayalan prediksi aku sih gak jauh beda ma yang review, aku juga merasakan bakal ada kekocakan yang bakal menggelitik di novel komik ini, pas liat sampulnya. Ditambah lagi, karakter-karakter blood-nya lucu :D. Bahasa yang disampaikan dalam novel komiknya juga mudah dimengerti ma semua orang. Dimana, mix antara novel dan komik pasti punya esensi kesenangan tersendiri saat membacanya..

    Oh ya, type blood aku O, pasangan aku juga type blood-nya O. Cocok gak yaa.. ? :)

    Huwaa <(^o^)>, pengen dapet bukunya. Biar aku bisa pastikan aku cocok ma dia ato nggak.

    Lirik aku yaa kak.. . ^_^))~

    ReplyDelete
  35. Ah.. suka.. lucu.. Jadi mau deh. Dari review kakak tadi aku dapet kesan kalo isi bukunya itu 'menyenangakan' yang pasti karena genrenya begitu (?) Duh jadi gak sabar baca buku ini. Apalagi dari gaya kakak yang me-review ini juga gimana ya, santai gitu jadi kesannya buku ini cocok buat nemenin secangkir teh sama camilan hehe..
    Yang pasti review ini sukses buat aku tambah penasaran baca buku ini. Kakak yang review ini aja banyak :D -nya apalagi kalo baca langsung :D

    ReplyDelete
  36. Review-nya keren. Tapi, mungkin bahasanya jangan terlalu muter-muter, dibuat simple aja.
    Itu, USB-nya....... Pengen... Yang merah, B. Sebenarnya bingung sih, sebenarnya aku golongan darahnya B atau O. Tapi, dari sifat aku B, kaya bapak aku. Hehe
    Kemarin sempat baca sedikit di bagian awal buku ini, waktu ke Gramedia Mall Malioboro. Tapi, kesana sama kakak jadi ngga mungkin baca sampe akhir. Dan akhirnya, aku ngga jadi beli buku Simple Thinking About Blood Type. Sekarang, aku benar-benar ngebet pengin baca. Penasaran....
    Saya rasa, review ini benar-benar sudah meracuni saya. Pengen... Hehehehe

    ReplyDelete
  37. Kayaknya bukunya unyu-unyu deh ya. Pas liat promonya di penerbit haru kirain isinya nggak berupa fiksi gitu, jadi penjelasan ilmiah. tapi pas baca review disini, ternyata ada jalan ceritanya yah. Jadi penasaran seperti apa si penulis menggambarkan tentang karakter tiap-tiap golongan darah kedalam sebuah cerita. Semoga saya jadi yang terpilih menangin GA-nya, amin ^_^

    ReplyDelete
  38. Nice review ^^ Bahasanya santai, seperti sedang dengerin temen yang sedang berusaha "promo"in buku bagus ke kita secara langsung. Dengan mendetail dan berapi-api. Jadi inget dengan temen saya si O yang kalau sedang merekomendasi sesuatu bener-bener udah kayak kompor. Ups... Peace yaa... ^_^)v

    ReplyDelete
  39. Golongan darah emang gak menentukan 100% sifat manusia, dan cuma gara2 dua orang memiliki golongan darah sama, gak berarti sifatnya juga sama. contoh, ane B dan sifat ane malah mirip ama temen ane yg AB ><
    golongan darah cuma menentukan sifat dasar manusia aja, sisanya kepengaruh sama lingkungan dan didikan dari golongan darah orang tua. ane jadi mikir, kalo di dunia ini pada dasarnya watak manusia kebagi sama 4 dasar watak. jadi semacam faksi dalam film divergent gitu gan (?)
    satu lagi, berkat buku ini, ane jadi bisa menyesuaikan sikap ane terhadap temen ane yg golongan darahnya beda2. ane sadar kalo golongan darah B itu emang kadang gampang tersinggung, tapi juga cepet maafin orang. trus mereka ga langsung "marah" kalo dikerjain, tapi sekalinya marah serem banget.
    ane keinget ama sahabat ane si golongan darah A yang bener2 selalu ngurusin dan ngingetin ane dalam setiap hal. baik banget dia :DD trus sahabat ane selama bertahun2 si golongan darah O yang kelakuannya ga jauh2 beda sama ane. sama-sama gila, suka ngerjain satu sama lain, saling tolong satu sama lain, kadang "berantem" kecil2an tapi kita ga pernah marah besar.
    ada juga si golongan darah AB yang otaknya klop banget sama ane, trus ane juga diam-diam memperhatikan si sahabat ane ini. pokoknya yg dijelasin di buku sesuailah ama kenyataan ^^
    Pokoknya ini buku bagus bangett! cuma terjemahannya aja bikin ane pusing ngertiinnya XD pengen deh baca yg edisi kedua

    ReplyDelete
  40. kalo edisi ke 3 nya kira-kira kapan ya mau keluar bukunya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri juga kurang tahu, maaf ya... mungkin bisa coba ditanyakan ke Penerbit Haru ^^

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back to Top