Sutrisno, Tatz & NyiBlo (Ed.). CURHAT ADMIN (@KoreanUpdates & @all_Kdramamovie)

by - Sunday, September 07, 2014


Penerbit: Haru
Tahun terbit: 2014
Edisi: Paperback, bahasa Indonesia, bertandatangan *w* terima kasih untuk Penerbit Haru^^
"Genre": Korean Wave, Interesting Premise
Get the book here! 

Apakah Anda merupakan penyuka produk budaya populer Korea Selatan yang bisa dikenal dengan sebutan hallyu wave, yang memuat K-Pop, K-Drama, dan kawan-kawan? Apakah Anda memastikan diri Anda untuk selalu terinformasikan dengan kabar-kabar terbaru mengenai produk budaya populer Korea tersebut dari sumber-sumber berita terpercaya? Jika iya, mungkin Anda akan familier dengan KoreanUpdates (KU) dan all_Kdramamovie (AKM) sebagai sumber pembaruan berita hallyu wave Anda^^ Sebagai followers akun-akun tersebut, bagaimana, apakah Anda termasuk suka kepo dan rajin menyapa-nyapa adminnya? Apakah Anda menganggap admin kedua akun tersebut kece badai senantiasa? Orang-orang eksklusif yang selalu mendapat info dari sumber yang tak terbayangkan? ((emang dari mana coba)).

Well, bisa juga Anda mungkin tidak mengikuti perkembangan hallyu wave, tapi mungkin saja Anda penasaran dengan admin-admin situs berita semacam itu, seperti apa sepak terjang mereka dan pengalaman seperti apa yang mereka miliki. Literatur tentang suatu "profesi" memang bisa selalu menarik ya kedengarannya? Penerbit Haru, barangkali bisa melihat semacam "celah" untuk menghadirkan bacaan di tengah tren korean wave dengan peminatnya yang banyak, namun dengan mengambil sudut baru untuk diulas, tidak hanya tentang idol dan fanbase, tapi mencoba mengintip sedikit di balik jalannya sebuah fanbase atau portal informasi tentang korean wave di tangan para adminnya.



Yep, (para) admin dari kedua fanbase/newsportal korean wave di Indonesia yang saya sebutkan tadi menceritakan apa saja lika-liku dan suka-duka di balik dunia fanbase dengan posisi mereka sebagai administrator fanbase lewat buku ini. Diawali dengan all_Kdramamovie terlebih dulu baru disusul dengan KoreanUpdates, masing-masing menyajikan "curhatan" dan "insights"nya dengan sistematika yang menurut saya enak untuk diikuti. "Konten" dan "aktivitas" fanbase dipaparkan sehingga dari situ curhatan mengenai berbagai reaksi dan tanggapan para follower pun mengalir, dan meskipun ini bukan buku fiksi, membacanya pun terasa tidak membosankan. Sebagai orang yang kurang familier dengan film dan drama Korea, malah saya jadi tambah-tambah lumayan banyak wawasan tentang film dan drama Korea, termasuk mendapati banyak juga topik-topik diskusi di AKM yang terdengar menarik, seperti tentang perbedaan sinetron dan K-Drama, adegan kasur ((ups)), dan lain sebagainya. Korean Updates juga nggak kalah karena nampak sekali bahwa fanbase yang satu ini banyak link dan udah eksis banget dengan followers setia hehe. Saya juga suka membaca curhatan sang admin tentang duka-dukanya meliput konser supaya saya gak sok mupeng gak bisa dapet free pass, juga tentang bagaimana siklus keseharian menjadi admin^^. Kayak apa? Silakan dicekiceki sendiri yaa~ #disiram

Buku ini pun ditemani dengan ilustrasi yang imut-imut, juga dengan kuis-kuis selingan yang cukup asik untuk dicoba-coba karena tetap berhubungan dengan topik yang dibahas, mengenai berbagai rupa fans dan followers menurut penggolongan sang admin, kira-kira Anda termasuk tipe yang seperti apa, misalnya? Bisa, bisa. Kalau Anda merasa agak sangsi untuk bakalan nggak begitu memahami korean wave, buat saya isi buku ini tetap terasa general dan runtut kok, apalagi disediakan semacam glosari istilah di bagian belakang^^.

Salah satu ilustrasi imut yang mendukung buku ini^^

Intinya ini bukan buku yang bakal membuat kita mengintip tentang lika-liku menjadi administrator fanbase dengan cara yang bikin kening berkerut kok, malah menjadi suatu bacaan ringan yang menghibur meski tetap ada muatan insight yang membuat saya pribadi terutamanya menjadi makin respek dengan posisi sebagai admin^^.

...tapi setelah beneran jadi admin, yang dirasain adalah ternyata keberadaan admin tuh sebenanya nggak penting kok diketahui oleh banyak orang. Asal fanbase/project/event/website/dll. bisa jalan dengan baik, kami sebagai admin tuh udah puas banget. Dengan ngasih yang terbaik buat para followers, baik itu dalam penyampaian berita, foto, info acara, terjemahan, kegiatan, dll., admin merasa telah mencapai tujuan mulianya (ceilehhhh~) 

Indeed, saya merasa jadi lebih bisa memahami bahwa posisi sebagai admin itu sebentuk "pelayanan" tersendiri yang tidak bisa dilakukan semua orang begitu saja lho, untuk bisa mengurusi hal-hal yang mungkin gak seberapa penting dengan urusan pribadi yang lain, tapi diusahakan demi adanya keseruan dan hiburan tersendiri bagi peminat-peminat yang ada di fanbase nya, iya nggak? :''')

Well, meskipun secara keseluruhan ini adalah buku yang enak dibaca, mungkin sedikit saran atau catatan tambahan dari saya, bahwa mungkin akan lebih "kena" lagi curhatan dan insight nya jika bisa disajikan cerita-cerita seputar kejadian-kejadian berkesan dengan follower, promotor, atau pihak-pihak lain yang terlibat dengan dmin fanbase agar "kesan" behind the scene nya lebih nendang lagi, dan siapa tahu bakalan ada hal-hal yang lebih menarik untuk dikupas mengenai korean wave di Indonesia dari situ, jika memungkinkan ^^

Get the book here! 

You May Also Like

0 comments