Friday, April 25, 2014

Buckley, Michael. THE FAIRYTALE DETECTIVES (The Sisters Grimm #1).

Tahun terbit: 2005
Penerbit: Amulet Books
Edisi: E-book (.epub), bahasa Inggris
Genre: Children, Fantasy, Mystery, Interesting Premise

Grimm Bersaudara ternyata meninggalkan keturunan yang melanjutkan kisah-kisah dongeng peninggalan mereka di era masa kini. Sabrina dan Daphne Grimm adalah "keturunan terakhir" dari Grimm - yang menemukan kebenaran tentang sejarah keluarganya setelah kurang-lebih satu tahun menjadi anak yatim-piatu yang ahrus banyak melakukan pelarian dari para orangtua asuh dengan perlakuan yang memprihatinkan. Suatu kecelakaan telah divonis sebagai perenggut nyawa kedua orangtua, dan keduanya tidak punya banyak pilihan dan hanya memiliki satu sama lain. Namun, ketika seorang Relda Grimm "mengklaim" keduanya untuk berada di bawah pengasuhannya, apakah berarti "pelarian" Sabrina dan Daphne telah berakhir?

Meskipun Granny Relda nampak baik, dan dengan macam-macam keunikan yang diperlihatkannya, baik dari hasil masakannya atau tempat tinggalnya yang penuuuh buku, Sabrina rupanya sulit untuk bisa memercayai "nenek"nya itu. Meskipun ada Mr. Canis, yang membantu mengurus keperluan mereka, tapi pria misterius itu selalu nampak murung dan "berjarak", dan anjing besar sang "nenek", Elvis, meskipun bisa menjadi teman bermain yang menyenangkan, siapa yang tahu? Wajar bila pemikiran penuh kekhawatiran meliputi Sabrina. Karena yang paling "mencurigakan" dari semuanya, jika memang Granny Relda adalah betul nenek Sabrina dan Daphne, mengapa kedua orangtua mereka tidak pernah sekalipun menceritakan tentang keberadaan seorang nenek?

Harus dicatat di sini, kalau interaksi Sabrina dan Daphne sebagai kakak-adik perempuan sangat menggemaskan untuk dibaca, sort of x). Daphne yang polos dan "mudah tersentuh" dengan kepolosannya itu xD Lalu juga Sabrina yang menanggapi kepolosan itu dengan "omelan" khas kakak perempuan. Memang wajar sih bagaimana "mudah"nya Daphne bisa "percaya" sama Granny Relda mereka. ;)

Akan tetapi, "mempercayai" Granny Relda menjadi lebih sulit bagi Sabrina ketika Granny Relda menceritakan sejarah mengenai keluarga Grimm kepada mereka berdua. Apalagi dengan penggagasan penyelidikan suatu kasus aneh yang menimpa seorang pelayan dan dengan yakin dianalisa oleh Granny Relda sebagai hasil perbuatan seorang raksasa! Apakah cerita dan "pendapat" Granny Relda bisa dipercaya?

"Grimms' Fairy Tales! The fairy-tale guys?" Daphne cried.
"Yes, liebling, the fairy-tale guys. But there is nothing in this book that's a fairy tale. This is a history book. Every story is an account of something that really happened."


Ferryport Landing, kota kecil tempat kedua Grimm dan Granny Relda tinggal ternyata juga ditinggali oleh para tokoh-dongeng (disebut Everafters) yang hidup dan "membaur" layaknya biasa, sebagai hasil dari suatu mantra ajaib yang dahulu dibuat oleh Wilhelm Grimm ketika membawa para Everafter dari tempat asal mereka di Jerman ke Amerika, lalu agar tidak ada penyerangan terhadap manusia, mengurung para Everafters selamanya di Ferryport Landing dengan keturunan Grimm sebagai "penjaga" mereka. "Premis" ini memang mengngatkan saya sedikit dengan serial Once Upon a Time (yang gak pernah saya tonton lengkap selama ini...), tapi toh buat saya pengeksekusian "premis" tersebut dalam seri cerita ini yang ditujukan pada genre Children's Literature tidaklah buruk, saya cukup menikmati alur dan bahasa Inggrisnya yang mudah dimengerti (tentunya balik lagi ke kemana target pembacanya hehe), juga dengan kemunculan tokoh dan pernik dalam dongeng-dongeng di cerita ini xD Selain itu juga buku ini cukup diselipi ilustrasi-ilustrasi yang mendukung dan gak kalah menarik ^^

Beberapa Everafters yang muncul memang sudah sering saya kenal, meski demikian tentu saja yang belum pernah saya baca kisahnya juga cukup banyak xD Salah satunya adalah tokoh Buck, semacam pangeran peri/pixie yang usiiil dan royal-wannabe, dan sialnya memang awet muda untuk bertahan seperti itu sebagai salah satu "fitrah" yang dimiliki para Everafter ;)

"I'm the Prince of Fairies. Emperor of Pixies. Brownies. Hobgoblins. Elves. and Gnomes. King of Tricksters and Prank-Players, spiritual leader to juvenile delinquents, layabouts, and bad apples."

The little girl stared at the boy with confusion in her face.

"I'm royalty!" Puck declared.

"So where's your kingdom?" Sabrina asked snidely.

"You're in it!" he snapped. "The forest and the trees are my kingdom. I sleep under the stars. The sky is my royal blanket."

Buku pertama ini akan mengenalkan pada awal mula petualangan Grimm Sisters, untuk "mengawasi" Ferryport Landing (dengan pengungkapan sejarah dan cukup konflik kepercayaan yang mengikutinya), memecahkan kasus pertama mereka bersama Granny Relda, juga mengarah pada keping pertama kebenaran mengenai kedua orangtua Sabrina dan Daphne :''') Potensi berkembangnya cerita dalam seri ini memang terhitung besar, karena selain mengarah pada pencarian jawaban mengenai hilangnya kedua orangtua Sabrina dan Daphne yang saangat misterius, juga pada "masa depan takdir" (?) para Everafter yang di satu sisi sebenarnya memang hidup terjebak di Ferryport Landing, adakah masa depan menawarkan kemungkinan lain nantinya? Afterall, ini bacaan yang saya anjurkan untuk dinikmati sebagai bacaan ringan yang menghibur dengan misteri dan petualangan yang tetap menarik meski bertaget utama anak-anak^^

2 comments:

  1. wow, edisi bahasa inggris ya, mba? edisi terjemahannya adakah? *penasaran*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, kebetulan saya lagi "sampai"nya yang edisi bahasa Inggris kak xD *coret*gak kuat beli terus*coret* ...tapi kayaknya edisi bahasa Indonesia nya ada ternyata, kalau gak salah kak Maria Hobby Buku ngereview yang edisi bahasa Indonesia nya xD

      Terima kasih sudah berkunjung kak :DD

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back to Top